Bazis Jakut dan LPOM MUI Gelar Sosialisasi Panganan Halal

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Jakarta Utara bekerja sama dengan Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan (LPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI), menggelar sosialisasi sertifikasi makanan halal kepada kelompok usaha panganan binaan.

Kepala Bazis Jakarta Utara, Hari Agusti Hiyayat mengatakan, selain untuk menyambut Ramadan, sosialisasi ini bertujuan agar proses produksi kelompok binaan berupa youghurt, sosis, kue kampung dan tanaman hidroponik menghasilkan produk yang halal.

"Misalnya untuk sosis kan menggunakan daging ayam, ayamnya dapat dari mana, pemotongannya bagaimana. Nanti itu dinilai oleh LPOM MUI," katanya, Senin 

Dijelaskan Hari, usaha kelompok binaan pihaknya dan lembaga Terawulan Indonesia, melibatkan sekitar 865 orang yang terbagi dalam puluhan kelompok binaan. 

Sejak dibina dan diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, sekitar empat bulan lalu, kelompok-kelompok binaan itu sudah rutin berproduksi. Selama ini setiap kelompok sudah mampu meraih keuntungan yang bervariasi.

"Seperti salah satu kelompok youghurt keuntungannya bisa Rp 8 juta per bulan. Kita berharap mereka bisa mendapat sertifikat halal," tandasnya.(pr/kj/al)